Contoh RPP Terbaru

by 1/01/2013 08:13:00 AM 0 komentar


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Identitas Mata Pelajaran
Nama Sekolah             : SMK Negeri 3 Palembang
Mata Pelajaran            : PAI
Kelas/Semester            : XI (Sebelas) Akuntansi 1,2,3/I (Ganjil)
Pertemuan                   :
Alokasi Waktu            : 4x45 Menit
Tahun Ajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi
1.      Membaca dan memahami ayat al-Qur’an tentang kompetensi dalam kebaikan

Kompetensi Dasar
1.1  Membaca dengan fasih surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
1.2  Memahami surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33

Indikator
2.1  Menulis surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
2.2  Membaca surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
2.3  Memahami surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33

Nilai Karakter           : Religius, Berani, aktif, dan Percaya diri

Tujuan Pembelajaran
3.1  Siswa mampu membaca dan memahami surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33

Materi Pembelajaran
QS. al-Baqarah : 148
9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$# 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î/ ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4n?tã Èe@ä. &äóÓx« ֍ƒÏs% ÇÊÍÑÈ  
            148. dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. al-Baqarah : 148)

QS. al-Mujadilah : 11
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ  
            11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. al-Mujadilah : 11)

QS. Fathir : 32-33
§NèO $uZøOu÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ÓÅÁtFø)B öNåk÷]ÏBur 7,Î/$y ÏNºuŽöyø9$$Î/ ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 šÏ9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 玍Î7x6ø9$# ÇÌËÈ   àM»¨Zy_ 5bôtã $pktXqè=äzôtƒ tböq¯=ptä $pkŽÏù ô`ÏB uÍr$yr& `ÏB 5=ydsŒ #Zsä9÷sä9ur ( öNåkޝ$t7Ï9ur $pkŽÏù ֍ƒÌym ÇÌÌÈ  
            32. kemudian kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang Menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan[1260] dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang Amat besar. 33. (bagi mereka) syurga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera. (QS. Fathir : 32-33)
            [1260] Yang dimaksud dengan orang yang Menganiaya dirinya sendiri ialah orang yang lebih banyak kesalahannya daripada kebaikannya, dan pertengahan ialah orang-orang yang kebaikannya berbanding dengan kesalahannya, sedang yang dimaksud dengan orang-orang yang lebih dahulu dalam berbuat kebaikan ialah orang-orang yang kebaikannya Amat banyak dan Amat jarang berbuat kesalahan.

Metode Pembelajaran
1.      Metode Ceramah
2.      Metode Tanya Jawab
3.      Metode Latihan
4.      Metode Resitasi

Kegiatan Pembelajaran
1          Kegiatan Awal
Ø  Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan Basmalah
Ø  Siswa menyiapkan buku PAI, dan membuka bab yang akan dipelajari
Ø  Apersepasi : Mengingat kembali tentang materi yang telah dipelajari dan memeriksa PR
Ø  Motivasi : Apabila Siswa mampu menguasai materi ini, maka siswa diharapkan dapat melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari seperti menuntut ilmu


2          Kegiatan Inti
Dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi ini guru melakukan :
Eksplorasi
Dalam kegiatan ini, guru dapat melakukan :
Ø  Memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai berkompetensi dalam kebaikan
Ø  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengemukan salah satu perbuatan berkompetensi dalam kebaikan
Elaborasi
Dalam kegiatan ini, guru dapat melakukan :
Ø  Guru membaca surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
Ø  Peserta didik mendengarkan bacaan surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33 yang dibacakan oleh guru
Ø  Guru memerintahkan kepada salah satu murid yang fasih untuk membaca surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33 dan diikuti peserta didik lainnya
Ø  Guru bersama murid membaca surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
Ø  Guru memerintahkan kepada salah satu murid untuk menerjemahkan surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
Ø  Guru menjelaskan pemahaman mengenai surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
Konfirmasi
Dalam kegiatan ini, guru dapat melakukan :
Ø  Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
Ø  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh peserta didik melalui sumber buku lain
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai berkompetensi dalam kebaikan
3          Kegiatan Akhir
Ø  Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
Ø  Peserta didik dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Ø  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai berkompetensi dalam kebaikan
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø  Guru bersama siswa menutup pelajaran dengan membaca Hamdalah, dan mengucapkan salam



Sumber Belajar
1        Buku paket Pendidikan Agama Islam
2        al-Qur’an terjemahan
3        Sumber lain yang relevan

Penilaian
1        Tes tertulis                   : Uraian
2        Tes pengamatan


Tes Tertulis
1.      Lengkapilah ayat di bawah ini :
@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó$$sù ……….. 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î/ ª!$# $·èŠÏJy_ 4
2.      Lengkapilah ayat di bawah ini :
óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ÓÅÁtFø)B öNåk÷]ÏBur 7,Î/$y ……..ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 šÏ9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# 玍Î7x6ø9$#
3.      Terjemahkan ayat berikut :
  àM»¨Zy_ 5bôtã $pktXqè=äzôtƒ tböq¯=ptä $pkŽÏù ô`ÏB uÍr$yr& `ÏB 5=ydsŒ #Zsä9÷sä9ur ( öNåkޝ$t7Ï9ur $pkŽÏù ֍ƒÌym
4.      Terjemahkan ayat berikut :
tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz

Kunci Jawaban
1.      ÏNºuŽöyø9$#
2.      ÏNºuŽöyø9$$Î/
3.      33. (bagi mereka) syurga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera.
4.      11. Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.


Tes Pengamatan
No
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Keterangan
1.
Kehadiran
10


100
A = 85 -100
2.
Minat
20
B = 75 – 84
3.
Sikap
20
C = 60 – 74
4.
Perhatian
20
D = 45 – 59
5.
Kerjasama
20
E <  44
6.
Kerapian
10


                                                                                                            Palembang, Oktober 2012
            Mengetahui,
            Guru Pamong PAI                                                                  Mahasiswa PPLK II



            Dra. Mursyidah                                                                       Padjrin
            NIP. 1996030519942003                                                       NIM. 09210113

























SCRIPT
1
INTRODUCTION
NILAI KARAKTER

1.      Menjawab salam
2.      Berdoa sebelum belajar
3.      Memeriksa PR
4.      Memotivasi dengan cara menanyakan kembali pada materi pertemuan kemarin
5.      Menjelaskan tujuan pembelajaran
·      Religius
·      Disiplin
·      Mandiri
·      Percaya diri

2
CONNECTION


1.     Memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai berkompetensi dalam kebaikan
2.     Melibatkan peserta didik dalam   membahas contoh berkompetensi dalam kebaikan
·      Percaya diri
·      Kreatif
·      Tanggung jawab

3
APPLICATION


1.     Guru membaca surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
2.     Guru menyuruh salah satu murid untuk membaca surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
3.     Guru menyuruh murid menerjemahkan surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
4.     Guru menjelaskan pemahaman mengenai surat al-Baqarah : 148, al-Mujadilah : 11 dan Fathir : 32-33
·      Percaya diri
·      Mandiri
·      Kreatif
4
REFLECTION


1.     Memberikan umpan balik pada peserta didik dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada peserta didik yang telah dapat menyelesaikan tugasnya
2.     Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan
·      Mandiri
·      Percaya diri
5
EXTENTION


1.    Penugasan tindak lanjut berupa pemberian pekerjaan rumah
·      Jujur
·      Tanggung jawab

Padjrin Dha Niess

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar